Kamis, 06 November 2014

Makna Lagu "Padang Bulan"

Bernyanyi atau menyanyi merupakan salah satu kegiatan favorit anak-anak. Pikiran yang jenuh menjadi lebih tenang dan hati yang gundah menjadi bahagia, seolah lepas dari penat. Hal ini juga yang saya rasakan ketika bernyanyi bersama anak-anak, baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas.
Tidak hanya menyanyi saja, tetapi menjadi lebih menyenangkan lagi ketika diiringi dengan musik alami dari tepuk tangan, ketukan pensil, atau hentakan kaki, maupun musik iringan dari kaset. Sangat menggembirakan, ditambah lagi dengan tarian-tarian sederhana untuk menggerakkan badan sehingga hilang rasa kaku. Dan lebih seru lagi ketika menyanyi sambil bermain.

Hari ini anak-anak begitu semangat menyanyikan beberapa lagu, khususnya lagu dolanan (Jawa). Dan saya bangga dengan mereka yang masih mengenal dan mau menyanyikan dengan semangat meskipun beberapa liriknya terlupa. Namun semangat untuk bernyanyi dan mengenal lagu lebih dalam patut dibanggakan, karena bisa menjadi dasar wujud kecintaan mereka pada lagu-lagu daerah.

Di era modern sekarang ini, lagu dolanan kurang dikenal dengan baik oleh anak-anak. Hal ini perlu mendapat perhatian agar lagu dolanan tidak semakin luntur. Jika kita kenal lebih dalam lagi, lagu dolanan memiliki makna yang baik untuk kita ketahui. Dalam lagu dolanan terkandung nasihat bijak tentang kehidupan.

Hari ini anak-anak semangat bernyanyi Lagu "Padang Bulan"

Lirik Lagu Padang Bulan
Yo prakanca dolanan ing njaba Padhang mbulan padhangé kaya rina Rembulané kang ngawé-awé Ngélikaké aja turu soré-soré

Dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai berikut:
‘Ayo teman-teman bermain diluar’
‘Cahaya bulan yang terang benderang’
‘Rembulan yang seakan-akan melambaikan tangan’
‘Mengingatkan kepada kita untuk tidak tidur sore-sore’

Dalam lagu dolanan padang bulan tersebut terkandung makna religius (kagamaan). Maknanya ialah kita hendaknya bersyukur kepada yang Maha Kuasa untuk menikmati keindahan alam. Untuk menunjukkan rasa syukur itu kita diharapkan tidak tidur terlalu sore karena kita bisa melaksanakan ibadah di waktu malam.

Lagu Padang Bulan ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak lagu dolanan yang hendaknya terus kita kenalkan dan ajarkan pada anak-anak agar keberadaannya dapat terus dilestarikan. Tidak hanya sekedar untuk dinyayikan tetapi juga untuk dimaknai sebagai nasihat dalam kehidupan.

Catatanku untuk hari ini. Mengingatkanku untuk selalu bersyukur setiap waktu.
Bumi Allah yang indah menunjukkan betapa Maha Besar Allah atas segala keagungan-Nya. Udara yang bebas kita hirup menjadi bukti kasih sayang Allah yang masih memberikan kesempatan pada makhluk-Nya untuk menapaki bumi-Nya. Bulan yang bersinar di langit luas malam ini menjadi secuil dari kebesaran Allah  yang menakjubkan untuk dilihat.
Bersyukur akan membuat hati menjadi lebih tenang :)

9 komentar:

Mari belajar bersama. Tolong berikan komentarmu ya ^_^